Skip navigation

Dalam sebuah novel, tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata tepatnya, ada kalimat yang cukup menarik, tetapi saya lupa redaksinya. Kira-kira isinya seperti ini:

“Kenikmatan luar biasa dari mimpi yang besar adalah usaha dan pengalaman yang dilakukan untuk meraihnya”.

Dan pernah kalimat itu saya kirim kebeberapa teman, yach memang ada yang sepakat, ada yang enggak tentang kalimat itu. Saya pikir itu sih hak mereka, Walaupun ada yang pernah bilang kalo hal terindahnya adalah saat terwujudnya impian itu. Tetapi untukku, kalimat itu tetap saja bener. Kenapa?

Karena kalo dipkir-pikir lagi, kenapa terwujudnya impian itu sangat menyenangkan? Tidak lain tidak bukan karena kita susah payah untuk mendapatkannya bukan? Saat kita sudah dapat meraih impian itu, pasti kita akan flash back, apa saja yang sudah saya lakukan hingga akhirnya bisa seperti ini, siapa saja membantu saya, siapa yang telah memotivasi, dan lain sebagainya. Ketika usaha-usaha itu kita lakukan dengan mudah-mudah saja, tentu saja ketika tercapainya impian kita pun akan biasa saja. Dan yang paling penting dari usaha ini adalah makna yang terkandung, dapat kah kita menjadikan apa yang sudah kita lakukan adalah sebagai pelajaran, walau mungkin pahit. So I think, the final of the dream not only get the realize the dream, but more. Karena akhirnya toh sudah dalam ketetapan Nya, Dan ketika akhirnya pahit, tentu kita tak akan kecewa, toh kita sudah mendapatkan sesuatu, yaitu pelajaran dari perjalanan mendapatkanya, walaupun akhirnya gagal juga. And yang penting juga, bukan kah salah satu syarat diterimanya amal adalah prosesnya??????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: