Skip navigation

Jawablah pertanyaan di bawah ini dalam hati anda, kemudian cocokkan:
• Bayangkan, saat anda berjalan sendirian dibtengah taman yang indah, anda melihat sebuah keluarga: ayah, Ibu dan dua anaknya sedang bercengkrama dengan riang gembira. Perasaan apa yang muncul?
• Bayangkan, Suatu ketika anda sedang makan, dan ada seorang anak kecil yang memandangi anda dengan tatapan penuh harap dan nampaknya dia kelaparan. Apa yang anda rasakan?
• Bayangkan, anda berada di sebuah taman yang dipenuhi dengan bungan berwarna-warni, apakah anda merasa senang melihatnya?
• Suatu ketika ada seseorang yang dengan sengaja berusaha merusak taman tersebut. Apa yang anda rasakan?

Cocokkan dengan jawaban di bawah ini, anggukkan jika jawabannya sesuai :

• Perasaan yang muncul ketika melihat sebuah keluarga: ayah, Ibu dan dua anaknya sedang bercengkrama dengan riang gembira adalah betapa senangnya melihat hal tersebut dan perasaan kasih sayang muncul.
• Ketika meliaht seorang anak kecil yang memandangi anda dengan tatapan penuh harap dan nampaknya dia kelaparan anda ingin memberikan kepadanya apa yang anda makan.
• Tentu saja anda berada di sebuah taman yang dipenuhi dengan bungan berwarna-warni. Dan akan tidak senang melihat ada orang yang berusaha untuk mersak taman, sehingga anda akan sebiasa mungkin mencegahnya.

Apakah anda menganggukkan jawaban atas pertanyaan tersebut? Suatu sesi dalam sebuah training, pertanyaan setipe diajukan kepada peserta dan semua peserta menganggukkan kepalanya. Dan ini disebut ANGGUKAN UNIVERSAL, apakah itu?
Mengapa pertanyaan tersebut dijawab dengan jawaban yang hampir sama antara satu orang dengan orang lain? Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan hati manusia sebenarnya memiliki perasaan yang sama. Itulah yang disebut suara hati, atau yang biasanyab kita sebut dengan hati nurani. Terkadang ada sesuatu yang membisiki kita kea rah yang benar, bisa jadi itu adalah suara hati anda, akan tetapi kemudian suara hati itu tertutupi, sehingga seperti kita lihat sekarang ini, kita melihat banyak sekali tindak kejahatan. Akan sangat indah jika suara hati orang disekitar kita bisa hidup, MImpikah itu????

ESQ Way 165

One Comment

  1. ya, anggukan universal memang ada. karena, semua manusia asalnya cuma satu. tunggal. hanya karena nafsu, makanya menyebar. tapi, akan tetap kembali satu, kepada-Nya jika waktu (perjanjian) telah kelar.

    tunggu saja ketentuan itu saat terompet isrofil berujar.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: