Skip navigation

Pendidikan sering diidentikkan dengan hanya pendidikan formal, fakta ini dapat kita lihat dalam masyarakat yang berpikiran pendidikan akan selesai apabila si anak telah menyelesaikan pendidikan formalnya. Padahal pendidikan tidak hanya terbatas pada pendidikan formal saja, tetapi pendidikan akan berlaku seumur hidup. Seperti yang dikemukakan dalam sebuah situs internet yang menjelaskan bahwa pendidikan berlangsung di dalam dan di luar sekolah. Pendidikan dimulai di rumah lalu berlanjut ke pendidikan di sekolah dan yang paling besar ruang lingkupnya adalah masyarakat. Dari alur pendidikan tersebut, dapat kita lihat kalau manusia itu akan berkembang, berkembang di sini bukan hanya sebatas fisik ataupun intelektual saja, tetapi juga kepribadiannya dan seluruh potensi yang dimiliki manusia. Hal ini tentu sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yang berdasarkan kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia yang intinya adalah pengembangan yang seimbang antara kemampuan dan watak.

Pengertian pendidikan memang terdapat banyak versi, diantaranya dalam situs dijelaskan bahwa:

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Salah satu dasar utama pendidikan adalah untuk mengajar kebudayaan melewati generasi.

Jadi jelas bukan, yang dianggap pendidikan oleh masyarakat sekarang ini keliru. Karena pendidikan tidak hanya terbatas intelektual saja dan tidak hanya sampai bangku sekola saja. Tetapi pendidikan mencakup semua aspek kehidupan manusia dan sepanjang hayat.

Sumber:

http://pakguruonline.pendidikan.net

www.beritaNET.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: